Powered By Blogger

Rabu, 26 Oktober 2011

Syukuri Setiap Sisi Positif Anak

Seorang ibu yang pernah hadir di pelatihan saya bercerita :

"Bunda, kemarin waktu kami membuat list 'kelebihan dan kekurangan anak', saya merasa heran, kok mudah mendaftar kekurangan anak, dan sulit mendaftar kelebihan anak. Akibatnya daftar kelebihan anak saya lebih pendek daripada daftar kekurangannya. Lalu saya menceritakan kejadian ini pada suami saya. Tanpa sengaja esoknya kami membaca QS Abasa. Ketika sampai di ayat 17, yang artinya 'celakalah orang-orang yang kufur', suami saya langsung bilang gini : benar juga, orang yang kufur pastilah celaka. Salah satu bentuk kufur, kan kufur nikmat. Nah, sering sekali kita mensyukuri nikmat Allah. Kita lebih mudah menangkap hal-hal negatif pada anak dan kufur (ingkar) hal-hal positif dalam diri anak. Karena kita kufur maka kita pun celaka, tersiksa, kecewa dan marah-marah terus; karena yang dilihat oleh mata kita hanya yang menjengkelkan dan kita abaikan kebaikan-kebaikan yang dilakukan anak."

Ibu terima kasih sudah berbagi renungan yang berharga ini.

Tidak ada komentar: