Powered By Blogger

Kamis, 02 Februari 2012

Manfaat Daun Pegagan


Pegagan atau bahasa kerennya antanan, bisa memperkuat fungsi saraf guna meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Selain khasiat yang paling dikenal dari daun ini yaitu bisa memberikan energi bagi otak, daun pegagan juga dikenal dalam pengobatan ayurvedic, yakni digunakan sebagai obat berkhasiat tonic, pengobatan gangguan kulit, gangguan pencernaan, lepra, luka, dll.

Banyak penyakit yang bisa disembuhkan oleh daun pegagan, namun para herbalis kadang menekankan manfaat daun ini pada fungsi utama untuk kecerdasan.

Pegagan termasuk suku atau familia Apiaceae. Tumbuh menjalar di atas tanah terutama di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung tetapi cukup lembab. Di perkampungan sering ditemukan tumbuh di pematang sawah atau kebun-kebun.

Nama lain : pegaga, daun kaki kuda, daun penggaga, pegago (Sumatera); antana, cowet gompeng, gagan-gagan, penigowang, calingan rambat (Jawa); bebele, paiduh (Nusa Tenggara); wisu-wisu, kisu-kisu (Sulawesi); dogauke (Irian); ji xue cao (Cina).

Sekarang telah banyak ekstrak pegagan yang dikemas dan dijual dalam bentuk ekstrak, seperti kapsul dan serbuk atau daun teh pegagan.

Just share : pengalaman pribadi sewaktu menulis tesis alhamdulillah banyak sekali terbantu setelah rutin mengkonsumsi teh pegagan, fikiran menjadi lebih fokus dan lebih konsentrasi mengolah data dan menganalisis output eviews. Bagi yang suka lupa dan punya gangguan konsentrasi, teh pegagan sangat direkomendasikan. Coba dan rasakan, insya Allah terasa manfaatnya. Untuk mendapatkannya mudah, tersedia di Ahadnet, Ruko Atrium H18 Jakarta Pusat, dalam pack KONSENTEA.


Tidak ada komentar: